Sabtu, 29 Juli 2017

Modem adalah singkatan dari modulator demodulator yang merupakan salah satu perangkat keras jaringan yang keberadaannya sangat penting dalam sistim jaringan komputer.

Perangkat modem inilah yang menyambungkan komputer atau laptop yang kita gunakan setiap akan tersambung ke internet.

Fungsi Modem

Fungsi dari Modulator adalah untuk melakukan proeses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal carrier (pembawa) agar dapat terkirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini disebut juga dengan proses modulasi.

Berikutnya fungsi dari Demodulator adalah sebagai proses untuk mendapatkan kembali data yang telah dikirim oleh pengirim, jadi untuk lebih mudah di pahami modulator digunakan pada saat pengiriman data sedangkan demodulator berfungsi saat proses penerimaan data kembali.

Pada proses demodulator data akan di pisahkan dari frekuensi tinggi serta data yang berupa sinyal analog akan diubah menjadi sinyal dalam bentuk digital agar dapat di kenali oleh komputer.

Dari fungsi diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa modem merupakan perangkat jaringan yang bekerja dengan komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi analog dan sebaliknya untuk mengirim pesan atau data ke alamat yang di tuju.

Dengan kata lain juga dapat di katakan bahwa modem merupakan alat penghubung komputer ke jaringan internet.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Fachry24.blogspot - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -