Sabtu, 29 Juli 2017

Pengertian Switch
Ada beberapa definisi yang berhasil kami rangkum sebagai pengertian Switch yang bisa kita pahami. Berikut ini beberapa pengertian Switch menurut beberapa buku yang beredar.

Pengertian Switch Pada Buku Membangun Jaringan Komputer Tanpa Bantuan Teknisi

Switch atau biasa disebut sebagai “smart hub” merupakan alat yang digunakan sebagai repeater atau penguat untuk menghubungkan kabel-kabel UTP dari satu komputer ke komputer lain.

Pengertian Switch Pada Buku Panduan Hardware Komputer

Pengertian Switch adalah peranti yang bisa dijadikan pengganti hub di jaringan anda. Switch tidak hanya berlaku sebagai pembagi sinyal, namun juga memfilter paket dan kemudian memforward paket tersebut di jaringan.

Pengertian Switch Pada Buku Panduan Membangun Jaringan Komputer Untuk Pemula

Pengertian Switch adalah device sederhana yang juga berfungsi menghubungkan multiple komputer pada layer protokol jaringan level dasar. Switch beroperasi pada layer dua (Data Link Layer) dari OSI model.

Dari beberapa buku tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian switch adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat tersebut, fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan adalah switch bisa melakukan pengaturan berupa proses filter paket data. Biasanya masing-masing port pada switch bisa disetting sehingga bisa ditentukan port mana saja yang bisa saling terhubung.

Switch adalah perangkat yang identik dengan HUB, hal ini dikarenakan kedekatan dari fungsi kedua perangkat tersebut. Namun switch adalah perangkat yang lebih cerdas dibandingkan HUB serta performa yang lebih tinggi dibanding HUB.

Fungsi Switch dan Kelebihannya
Switch mampu untuk memeriksa dengan seksama setiap paket data yang diterima
Switch mampu untuk menentukan tujuan dan sumber paket data yang melaluinya
Switch memiliki kemampuan untuk mem-forward setiap paket data dengan tepat
Seperti halnya HUB, switch memiliki banyak port yang digunakan menghubungkan komputer. Banyaknya port yang terdapat pada Switch pun bermacam-macam, 8 port, 16 port, 24 port dan seterusnya. Switch disajikan untuk Eternet komputer, masing-masing dari port yang terdapat pada switch dimungkinkan untuk diatur support speed & duflex atau support kecepatan ethernetnya, misalnya saja kecepatan 10 Mbps, 100Mbps, 1000MBps atau bisa juga disetting auto. Kemampuan Switch untuk melewatkan data ke hanya device yang dituju bisa menghemat bandwidht jaringan juga paket data yang melewati Switch akan lebih terjaga keamanannya ketimbang yang dilewatkan melalui HUB.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Makasih penjelasannya yah, Sekedar baca2 dan nambah wawasan yuk gabung di bbm88news Thanks yah

    BalasHapus

- Copyright © Fachry24.blogspot - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -